Evaluasi Strategi Pembelajaran Matematika Teknik I Berdasarkan Uji Periksa Kemampuan Awal Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin

Evaluasi Strategi Pembelajaran Matematika Teknik I Berdasarkan Uji Periksa Kemampuan Awal Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin


Sumarno [Dosen UNIMED. Bidang Keahlian Penelitian dan Evaluasi Pendidikan]


Abstrak
            Dilihat dari latar belakang pendidikannya mahasiswa pendidikan teknik mesin  Unimed berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan dari Sekolah Menengah Atas (SMA). Karakteristik awal yang berbeda ini mengakibatkan entry knowledge matematika sangat berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat keberhasilan pembelajaran Matematika I menggunakan uji periksa kemapuan awal.

Buku SMP Kelas VII: IPA Kurikulum 2013

Buku SMP Kelas VII: IPA Kurikulum 2013




Sebagai salah satu rumpun ilmu yang digunakan untuk mengukur kemajuan pendidikan suatu negara, pemahaman peserta didik suatu negara terhadap IPA dibandingkan secara rutin sebagai mana dilakukan melalui TIMSS (the Trends in International Mathematics and Science Study) dan PISA (Program for International Student Assessment). Melalui penilaian internasional seperti ini kita bisa mengetahui kualitas pembelajaran IPA dibandingkan dengan negara lain. Materi IPA pada Kurikulum 2013 ini telah disesuaikan dengan tuntutan penguasaan materi IPA menurut TIMSS dan PISA.


Buku SMP Kelas VII: Matematika Kurikulum 2013

Buku SMP Kelas VII: Matematika Kurikulum 2013



Buku Matematika Kelas VII untuk Pendidikan Menengah ini disusun dengan tujuan memberi pengalaman konkret-abstrak kepada peserta didik seperti uraian diatas. Pembelajaran matematika melalui buku ini akan membentuk kemampuan peserta didik dalam menyajikan gagasan dan pengetahuan konkret secara abstrak, menyelesaikan permasalahan abstrak yang terkait, dan berlatih berfikir rasional, kritis dan kreatif.

Buku SMP Kelas VII: Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

Buku SMP Kelas VII: Bahasa Indonesia Kurikulum 2013









Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII yang disajikan dalam buku ini disusun dengan berbasis teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana pengetahuan. Didalamnya dijelaskan berbagai cara penyajian pengetahuan dengan berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan gagasan dalam bentuk teks yang sesuai sehingga memudahkan orang lain memahami gagasan yang ingin disampaikan.


Buku Kelengkapan Administrasi Kelas

Buku Kelengkapan Administrasi Kelas


Tugas guru di Sekolah Dasar (SD) bukan hanya mengajar, melainkan juga melakukan kegiatan administrasi kelas. Memasuki semester baru, guru harus mempersiapkan Buku Kelengkapan Administrasi Kelas.

Bank Soal Ulangan Harian Kelas IX

1001 Contoh Bank Soal Ulangan Harian dan Pembahasan Kelas IX




Berikut ini link download Bank Soal Ulangan Harian Kelas IX:


01. Bank Soal - Kesebangunan & Kekongruenan    >>Download<<


Bank Soal Ulangan Harian Kelas VIII

1001 Contoh Soal Ulangan Harian dan Pembahasan Kelas VIII







Berikut ini link download Soal Ulangan Harian dan Pembahasan Kelas VIII:


01. Bank Soal - Faktorisasi Suku Aljabar     >>Download<<


Bank Soal Ulangan Harian Kelas VII

1001 Contoh Soal Ulangan Harian dan Pembahasan Kelas VII






Berikut ini link download 1001 Contoh Soal Ulangan Harian dan Pembahasan Kelas VII:


01. Bank Soal - Bilangan Bulat    >>Download<<

02. Bank Soal - Bilangan Pecahan    >>Download<<


Download Instrumen Lagu Wajib Nasional

Download Instrumen Lagu Wajib Nasional






Berikut ini link download

Lagu Wajib Nasional:

            Indonesia_Raya    >>Download<<

            Bagimu_Negeri    >>Download<<


HUT RI ke-68 Hari Kemerdekaan Indonesia

HUT RI ke-68 Hari Kemerdekaan Indonesia







Blog Ilmu Matematika Mengucapkan

"Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-68"



Kita nyanyi-nyanyi sedikit yuk buat mengenang para pahlawan Bangsa Indonesia.


OSN Matematika Guru SMP 2013

Soal OSN Matematika Guru SMP 2013



Pada kesempatan kali ini Blog Ilmu Matematika akan membagikan pembahasan soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) khusus Guru Matematika SMP 2013 tingkat Provinsi yang diselenggarakan tanggal Juni 2013 kemarin. Soal OSN Guru Matematika SMP ini ada sebanyak 25 butir soal yang masing-masing terdiri dari 8 soal pedagogik dan 17 kemampuan akademik.

Problematik Pembelajaran Geometri di Sekolah

Problematik Pembelajaran Geometri di Sekolah


Disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika tentang Pemantapan Konsep dan Pemecahan Masalah Pembelajaran Geometri pada Pendidikan Dasar).

Oleh Drs. I Gusti Agung Oka Yadnya.

Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Melalui Penggunaan Alat Peraga Praktik Miniatur Tandon Air terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA NEGERI 3 Kota Manna

Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Melalui Penggunaan Alat Peraga Praktik Miniatur Tandon Air terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA NEGERI 3 Kota Manna




Oleh Rahmad Ramelan Setia Budi (Guru SMA Negeri 3 Kota Manna dan kini sedang menempuh  Jenjang S-2 Pendidikan Matematika di Pascasarjana Universitas Sriwijaya).

Impelementasi Pendekatan Matematika Realistik dengan Metode Pq4r Berbantuan LKS dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 4 Singaraja

Impelementasi Pendekatan Matematika Realistik dengan Metode Pq4r Berbantuan LKS dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 4 Singaraja



Impelementasi Pendekatan Matematika Realistik dengan Metode  Pq4r  Berbantuan LKS  dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 4 Singaraja.

Oleh I Gusti Ngurah Pujawan [Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA,  IKIP Negeri Singaraja].

Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Pengenalan Bangun Geometri Sederhana di Kelas I SD

Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Pengenalan Bangun Geometri Sederhana di Kelas I SD



Oleh P. Sarjiman [PGSD FIP Universitas Negeri Yogyakarta].

Abstract

This research was focused on: (1) using visual aids as a media of understanding  simple geometrical shape at the first grade of the elementary school, (2) how the process of teaching/learning, and (3) how the students’ response towards  the teaching/ learning.
 
Follow Me On Twitter Facebook Fanspage Circle Me On Google Plus