Belajar Cepat dengan Teknik Mind Mapping
Banyak siswa gagal memahami materi pelajarannya.
Menurut para ahli itu karena siswa tidak diajari dulu cara belajarnya.
Seharusnya siswa diajari dulu cara belajar sehingga bisa paham
pelajarannya. Akibat tidak tahu cara belajar yang benar, belajar kadang
menjadi beban buat sebagian pelajar. Padahal nilai yang bagus dibutuhkan
untuk naik kelas atau untuk lulus ujian.
Dengan teknik Mind Mapping, belajar bisa jadi sangat efektif dan tepat sasaran. Teknik Mind Mapping atau pemetaan pikiran bisa memudahkan pelajar untuk memahami lebih jelas pembelajarannya. Teknik Mind Mapping pertama kali di populerkan oleh seorang psikolog bernama Dr. Tony Buzzan pada tahun 1970 dan mulai dikenal di Indonesia sejak awal tahun 1990-an. Teknik Mind Mapping ini mengandalkan gambar dan hubungan satu dengan lainnya dengan menggunakan gambar, kata, angka, logika dan warna menjadi suatu cara yang unik. Prinsip Mind Mapping adalah merangkum semua pelajaran dengan cara belajar yang tidak linier (atas ke bawah) tapi bercabang. Dengan adanya rangkuman maka memudahkan orang untuk menghafal dan mengerti. Memulai belajar dengan dengan Mind Mapping, awalnya dengan menentukan satu materi yang akan dipelajari dengan menggambar ditengah-tengah halaman kosong.
Dengan teknik Mind Mapping, belajar bisa jadi sangat efektif dan tepat sasaran. Teknik Mind Mapping atau pemetaan pikiran bisa memudahkan pelajar untuk memahami lebih jelas pembelajarannya. Teknik Mind Mapping pertama kali di populerkan oleh seorang psikolog bernama Dr. Tony Buzzan pada tahun 1970 dan mulai dikenal di Indonesia sejak awal tahun 1990-an. Teknik Mind Mapping ini mengandalkan gambar dan hubungan satu dengan lainnya dengan menggunakan gambar, kata, angka, logika dan warna menjadi suatu cara yang unik. Prinsip Mind Mapping adalah merangkum semua pelajaran dengan cara belajar yang tidak linier (atas ke bawah) tapi bercabang. Dengan adanya rangkuman maka memudahkan orang untuk menghafal dan mengerti. Memulai belajar dengan dengan Mind Mapping, awalnya dengan menentukan satu materi yang akan dipelajari dengan menggambar ditengah-tengah halaman kosong.
Dengan Mind Mapping umumnya informasi
yang kompleks akan diubah menjadi lebih sederhana dalam satu halaman
saja, sehingga proses berpikirnya menjadi lebih sistematis. Sementara
itu bagi orang yang memiliki gaya belajar non-visual, Mind Mapping tetap
saja berguna misalnya dengan menggunakan bantuan auditori. Mind Mapping
ini juga sangat membantu untuk anak yang susah belajar. Hal ini karena
Mind Mapping membantu seseorang lebih gampang belajar dengan cara
mengorganisir segala informasi yang diterimanya menjadi lebih ringkas,
serta membuat hubungan antara satu informasi dengan informasi lainnya
lebih jelas.
Teknik belajar Mind Mapping ini
bisa diajarkan sejak anak-anak misalnya pada saat anak kelas 3-4 SD,
mulailah diperkenalkan tapi dengan bantuan dan bimbingan dari guru
karena anak belum mampu membuatnya sendiri. Dalam Mind Mapping satu
konsep yang umum atau besar akan dikembangkan ke turunannya yang lebih
kecil, dan bagi orang yang kreatif dapat mewujudkannya menjadi suatu
bentuk visualisasi yang menarik sehingga memudahkannya untuk belajar.
Agar lebih menarik dan mudah dimengerti sebaiknya seseorang membuat Mind
Mapping dengan menggunakan warna, sehingga mudah untuk mempelajari
suatu hal dengan melihat hubungan yang terbentuk dari kata kunci warna
dan gambar yang ada.
Untuk itu jika mengalami
masalah dalam belajar atau sulit memahami suatu konsep, tidak ada
salahnya mencoba melakukan teknik Mind Mapping (peta pikiran) sehingga
informasi yang terkait dengan konsep tersebut lebih jelas terlihat dan
memudahkan proses pemahaman.
Sumber: http://www.dedi26.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar