Strategi Mengerjakan Soal Olimpiade Matematika
Salah satu kompetensi yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar matematika yang terkait dengan keterampilan matematika adalah kompetensi mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, grafik atau diagram untuk memperjelas masalah serta pemecahannya.
Dalam pemecahan masalah, terutama masalah matematika ada satu kemampuan yang harus dimiliki dan selalu dilatih, yakni menalar. Kemampuan dan keterampilan bernalar tidak hanya dibutuhkan para siswa ketika mereka mempelajari matematika atau pelajaran lain, tetapi juga sangat dibutuhkan ketika mereka harus terjun langsung dalam kehidupan.
Proses pembelajaran matematika di kelas sudah seharusnya dimulai dari masalah nyata, dilanjutkan dengan kegiatan bereksplorasi, lalu para siswa akan belajar matematika secara informal dan diakhiri dengan belajar matematika secara formal. Pengetahuan matematika yang diberikan atau ditransformasikan langsung kepada para siswa akan kurang meningkatkan kemampuan bernalar mereka, tetapi hanya meningkatkan kemampuan untuk mengingat saja.
Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah pembelajaran berbasis pemecahan masalah; yaitu suatu tindakan yang dilakukan guru agar para siswanya termotivasi untuk menerima tantangan yang ada pada pertanyaan dan mengarahkan para siswa dalam proses pemecahannya. Para siswa dituntun untuk belajar sehingga dapat menemukan kembali atau mengkonstruksi kembali pengetahuannya.
Strategi Mengerjakan Soal Olimpiade Matematika
Soal Olimpiade matematika berbeda dengan soal-soal yang biasa dipecahkan di bangku SMP/SMA, meskipun dasar teori dan konsepnya sudah diberikan di bangku SMP/SMA. Penekanan soal Olimpiade matematika bukan lagi soal rutin namun lebih kepada aspek penalaran, pemecahan masalah dan komunikasi dalam matematika. Untuk bisa menjawab soal olimpiade matematika, siswa dituntut mempunyai wawasan yang luas, kecermatan, kejelian, kecerdikan, cara berpikir dan pengalaman dengan matematika.
Proses Pemecahan Masalah Matematika
- Memahami masalah
- Merencanakan cara/strategi penyelesaian
- Melaksanakan rencana
- Menafsirkan hasil
Strategi Pemecahan Masalah Matematika
- Mencoba-coba
- Membuat daftar yang teratur
- Membuat diagram
- Membuat tabel
- Memisalkan dengan Suatu Variabel
- Menemukan pola
- Memecah tujuan
- Memperhitungkan setiap kemungkinan
- Berpikir logis
- Bergerak dari belakang
- Membuat model matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar