Lingkungan Pembelajaran yang Efektif
Penyediaan lingkungan pembelajaran
yang efektif meliputi strategi yang digunakan oleh seorang guru untuk
menciptakan sebuah pengalaman ruang kelas yang positif dan produktif.
Sering disebut manajemen ruang kelas (classroom management),
strategi untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang efektif tidak
hanya meliputi mencegah dan menanggapi perilaku yang buruk tetapi yang lebih penting adalah menggunakan waktu
kelas dengan sebaik-baiknya, menciptakan suatu atmosfer yang kondusif
bagi minat dan penelitian, dan membolehkan kegiatan yang melibatkan
pikiran dan imajinasi peserta didik. Kelas yang tidak mempunyai masalah
perilaku sama sekali tidak dapat dianggap sebagai kelas yang dikelola
dengan baik.
Pendekatan yang paling efektif terhadap manajemen ruang kelas adalah
dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme. Peserta didik yang
berpartisipasi dalam kegiatan yang ditata dengan baik yang melibatkan
minat, yang sangat termotivasi untuk belajar. Penciptaan lingkungan
pembelajaran yang efektif melibatkan pengorganisasian kegiatan di ruang
kelas, pengajaran, dan ruang kelas fisik untuk memungkinkan penggunaan
waktu yang efektif, menciptakan lingkungan pembelajaran yang produktif
dan meminimalkan gangguan. Penciptakan lingkungan pembelajaran yang
efektif adalah soal mengetahui beberapa teknik yang dapat dipelajari dan
diterapkan setiap guru. Pengajaran yang efektif itu sendiri adalah
sarana terbaik untuk menghindari persoal disiplin.
Pada masa lalu, penciptaan lingkungan pembelajaran yang efektif sering
dipandang sebagai permasalahan mengatasi perilaku buruk dari
masing-masing peserta didik. Tetapi pemikiran pada saat sekarang
menekankan manajement kelas sebagai keseluruhan dengan cara seperti
membuat masing-masing orang mempunyai perilaku buruk menjadi semakin
berkurang.
Sumber: http://dedi26.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar