Lingkungan Pembelajaran yang Efektif

Lingkungan Pembelajaran yang Efektif


Penyediaan lingkungan pembelajaran yang efektif meliputi strategi yang digunakan oleh seorang guru untuk menciptakan sebuah pengalaman ruang kelas yang positif dan produktif. Sering disebut manajemen ruang kelas (classroom management), strategi untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang efektif tidak hanya meliputi mencegah dan menanggapi perilaku yang buruk
tetapi yang lebih penting adalah menggunakan waktu kelas dengan sebaik-baiknya, menciptakan suatu atmosfer yang kondusif bagi minat dan penelitian, dan membolehkan kegiatan yang melibatkan pikiran dan imajinasi peserta didik. Kelas yang tidak mempunyai masalah perilaku sama sekali tidak dapat dianggap sebagai kelas yang dikelola dengan baik.
Pendekatan yang paling efektif terhadap manajemen ruang kelas adalah dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme. Peserta didik yang berpartisipasi dalam kegiatan yang ditata dengan baik yang melibatkan minat, yang sangat termotivasi untuk belajar. Penciptaan lingkungan pembelajaran yang efektif melibatkan  pengorganisasian kegiatan di ruang kelas, pengajaran, dan ruang kelas fisik untuk memungkinkan penggunaan waktu yang efektif, menciptakan lingkungan pembelajaran yang produktif dan meminimalkan gangguan. Penciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif adalah soal mengetahui beberapa teknik yang dapat dipelajari dan diterapkan setiap guru. Pengajaran yang efektif itu sendiri adalah sarana terbaik untuk menghindari persoal disiplin.
Pada masa lalu, penciptaan lingkungan pembelajaran yang efektif sering dipandang sebagai permasalahan mengatasi perilaku buruk dari masing-masing peserta didik. Tetapi pemikiran pada saat sekarang menekankan manajement kelas sebagai keseluruhan dengan cara seperti membuat masing-masing orang mempunyai perilaku buruk menjadi semakin berkurang.


Sumber: http://dedi26.blogspot.com


/[ 0 komentar Untuk Artikel Lingkungan Pembelajaran yang Efektif ]\

Poskan Komentar

 
Follow Me On Twitter Facebook Fanspage Circle Me On Google Plus