Teori Belajar Matematika Menurut 23 Ahli
1. Teori Thorndike
Teori belajar stimulus-respon yang dikemukakan oleh Thorndike disebut
juga dengan koneksionisme. Teori ini menyatakan bahwa pada hakikatnya
belajar merupakan proses pembentukkan hubungan antara stimulus dan
respon.
Terdapat beberapa dalil atau hukum kesiapan (lawofreadiness), hukum latihan (lawofexercise) dan hukum akibat (lawofeffect).
2. Teori Skinner
- Burhus Frederic Skinner menyatakan bahwa ganjaran atau penguatan mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar.
- Ganjaran merupakan respon yang sifatnya menggembirakan dan merupakan tingkah laku yang sifatnya subjektif.
- Pengutan merupakan sesuatu yang mengakibatkan meningkatnya kemungkinan suatu respon dan lebih mengarah kepada hal-hal yang sifatnya dapat diamati dan diukur.
- Dalam teori Skinner dinyatakan bahwa penguatan terdiri atas penguatan positif dan penguatan negatif.Contoh penguatan positif diantaranya adalah pujian yang diberikan pada anak setelah berhasil menyelesaikan tugas dan sikap guru yang bergembira pada saat anak menjawab pertanyaan.
- Skiner menambahkan bahwa jika respon siswa baik(menunjang efektivitas pencapaian tujuan)harus segera diberi penguatan positif agar respon tersebut lebih baik lagi,atau minimalnya perbuatan baik itu dipertahankan
3. Teori Ausubel
- Teori ini terkenal dengan belajar bermaknanya dan pentingnya pengulangan sebelum belajar dimulai.
- Bahan pelajaran akan lebih mudah dipahami jika bahan itu dirasakan bermakna bagi siswa
- Kebermaknaan: sesuai dengan struktur kognitif, sesuai struktur keilmuan, memuat keterkaitan
- Seluruh bahan (ihtisar/resume/rangkuman/ringkasan/bahan/peta)
- Peta konsep adalah bagan / struktur tentang keterkaitan seluruh konsep secara terpadu / terorganisir (herarkhis, distributive/menyebar)
- Ausubel membedakan antara belajar menemukan dan belajar menerima.Dalam belajar menerima siswa hanya menerima dan tinggal meghapalkan materi.Sedangkan pada belajar menemukan,siswa tidak menerima pelajaran begitu saja,tetapi konsep ditemukan oleh siswa.
- Belajar bermakna lebih dilakukan dengan metode penemuan (discovery). Namun demikian, metode ceramah (ekspositori) bisa juga menjadi belajar bermakna jika berlajarnya dikaitkan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari, tidak hanya sampai pada tahap hapalan; bahan pelajaran harus cocok dengan kemampuan siswa dan sesuai dengan struktur kognitif siswa.
4. Teori Gagne
Menurut Gagne ada dua objek belajar matematika, yaitu:
a. Objek langsung (fakta, keterampilan, konsep, dan aturan-aturan
(principle)
b. Objek tak langsung (kemampuan menyelidiki dan memecahkan masalah, mandiri, bersikap positif terhadap matematika, tahu
bagaimana semestinya belajar)
Delapan tipe belajar Gagne:
a. Isyarat
b. Stimulus respon
c. Rangkaian gerak
d. Rangkaian verbal
e. Belajar membedakan
f. Pembentukan konsep
g. Pembentukan aturan
h. Pemecahan masalah
5. Teori Pavlov
Pavlov mengemukakan konsep pembiasaan(conditioning). Dalam
kegiatan belajar, agar siswa belajar dengan baik maka harus dibiasakan.
Misalnya, agar siswa mengerjakan Pekerjaan Rumah dengan baik,
biasakanlah dengan memeriksanya, menjelaskannya, atau member nilai
terhadap hasil pekerjaannya.
6. Teori baruda (Belajar dengan Meniru)
Baruda melihat juga adanya kelemahan dalam teori Skinner, yaitu bahwa
respon yang diberikan siswa yang kemudian diberi penguatan tidaklah
esensial, menurutnya yang eseinsial adalah bahwa seseorang akan belajar
dengan baik melalui peniruan, melalui apa yang dilihatnya dari seseorng,
tayangan, dll yang menjadi model untuk ditiru. Pengertian meniru ini
bukan berarti mencontek,tetapi meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang
lain,terutama guru.
Jika tulisan guru baik, guru berbicara sopan santun dengan
menggunakan bahasa yang baik dan benar,tingkah laku yang
terpuji,menerangkan dengan jelas dan sistematik,maka siswa akan
menirunya. Jika contoh-contoh yang dilihatnya kurang baik iapun
menirunya.Dengan demikian guru harus menjadi manusia model yang
professional.
7. Teori Piaget
Jean Piaget menyebutkan bahwa struktur kognitif sebagai
Skemata(Schemas), yaitu kumpulan dari skema- skema.Seorang individu
dapat mengikat, memahami, dan memberikan respon terhadap stimulus
disebabkan karena bekerjanya schemata ini.
Skemata ini berkembang secara kronologis,sebagai hasil interaksi
individu dengan lingkungannya,sehingga individu yang lebih dewasa
memliki struktur kognitif yang lebih lengkap dari pada ketika iamasih
kecil.
Tahap perkembangan kognitif:
• Tahap Sensori Motor (sejak lahir sampai dengan 2 tahun)
Bagi anak yang berada pada tahap ini,pengalaman diperoleh melalui
perbuatan fisik(gerakan anggota tubuh)dan sensori(koordinasi alat
indra).
• Tahap Pra Operasi(2 tahunsampaidengan7 tahun)
Ini merupakan tahap persiapan untuk pengorganisasian operasi
konkrit.Operasi konkrit adalahberupa tindakan- tindakan kognitif seperti
mengklasifikasikan sekelompok objek,menata letak benda berdasarkan
urutan tertentu,dan membilang.
• Tahap Operasi Konkrit(7 tahunsampaidengan11 tahun)
Umumnya anak-anak pada tahap ini telah memahami konsep kekekalan,
kemampuan mengklasifikasi, mampu memandang suatu objek dari sudut
pandang yang berbeda secara objektif, dan mampu berfikir reversible.
• Tahap Operasi Formal (11 tahundanseterusnya)
Tahap ini merupakantahap akhir dari perkembangan kognitif secara
kualitas. Anak pada tahap ini sudah mampu malakukan penalaran dengan
menggunakan hal-hal yang abstrak. Anak mampu bernalar tanpa harus
berhadapan dengan objek atau peristiwanya langsung, dengan hanya
menggunakan simbol-simbol, ide-ide, abstraksi dan generalisasi.
8. Teori Bruner
Jerome Brunner menyatakan bahwa belajar matematika akan lebih
berhasil jika proses pengajaran anak diarahkan pada konsep-konsep dan
struktur- struktur yang termuat dalam pokok bahasan yang
diajarkan,disamping hubungan yang terkait antara konsep-konsep dan
struktur-struktur tersebut.
Bruner menyarankan keaktifan anak dalam proses belajar secara penuh
agar anak dapat mengenal konsep dan struktur yang tercakup dalam bahan
yang sedang dibicarakan,sehinggaanakan memahami materi yang harus
dikuasai.
Dalam proses pembelajaran hendaknya siswa diberi kesempatan untuk
memanipulasi benda-benda dengan menggunakan media pembelajaran
matematika.Melalui penggunaan media pembelajaran matematika yang
ada,siswa akan melihat langsung keteraturan dan pola strukur yang
terdapat dalam penggunaan media pembelajaran matematika yang
diperhatikannya.
Tahapan belajar menurut Brunner
1. Tahap enaktif
Dalam tahap ini siswa secara langsung terlibat dalam memanipulasi objek.
2. Tahap ikonik
Tahapan dimana kegiatan siswa berhubungan dengan mental, merupakan gambaran dari objek yang dimanipulasinya.
3. Tahap simbolik
Tahapan dimana anak-anak memanipulasi simbol-simbol atau objek tertentu.
9. Teori Gestalt
Gestalt menyatakan bahwa penguasaan akan diperoleh apabila ada
prasyaratndan latihan hafal atau drill yang diulang-ulang sehingga tidak
mengherankan jika ada topic-topik di tata secara urut seperti perkalian
bilangan cacah kurang dari sepuluh ( Rosseffendi,19993:115-116).
Tokoh aliran ini adalah John Dewey.Ia mengemukakan bahwa pelaksanaan
kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan oleh guru harus
memperhatikan hal-hal berikut ini:
a. Penyajian konsep harus lebih mengutamakan pengertian
b. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus memperhatikan kesiapan intelektual siswa.
c. Mengatur suasana kelas agar siswa siap belajar.
10. Teori belajar W. Brownell
Brownell mengemukakan bahwa belajar matematika merupakan belajar
bermakna dan pengertian hal ini sesuai dengan teori Gestalt yang
menyatakan bahwa latihan hafal atau drill sangat penting dalam kegiatan
pembelajaran yang diterapkan setelah tertanamnya pengertian (Ruseffendi,
1993: 117).
11. Teori Dienes (Joyfull Learning)
Zoltan P.Dienes adalah seorang matematikawan yang memfokuskan
perhatiannya pada cara pengajaran.Dienes menekankan bahwa dalam
pembelajaran sebaiknya dikembangkan suatu proses pembelajaran yang
menarik sehingga bisa meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran
matematika.
12. Teori Polya
Pemecahan masalah merupakan aktivitas intelektual yang paling tinggi.
Pemecahan masalah harus didasarkan atas adanya kesesuaian dengan
struktur kognitif yang dimiliki siswa, supaya tidak terjadi stagnasi.
Tahapan pemecahan masalah:
1) Memahami masalah
2) membuat rencana/cara penyelesaian masalah
3) menjalankan rencana/menyelesaikan masalah
4) melihat kembali/recek.
13. Freudenthal dan Treffers (RME: Realistic Mathematics Education)
• pematematikaan: horizontal (H), diteruskan Vertikal (V);
realistic (H+,V+)
• mekanistik (drill & practice: (H- dan V-); empiris (H+, V-);
strukturilistik (H-, V+)
14. Teori Van Hiele
Tahap perkembangan siswa dalam memahami geometri:
1) Pengenalan
2) analisis
3) pengurutan
4) deduksi
5) keakuratan (rigor)
Menurut Van Hiele ada tiga unsure dalam pengajaran matematika yaitu
waktu,materi pengajaran danmetode pengajaran,jika ketiganya ditata
secara terpadu maka akan terjadi peningkatan kemampuan berfikir anak
kepada tingkatan berfikir lebih tinggi
15. John Dewey (CTL)
• mengkaitkan bahan pelajaran dengan situasi dunia nyata
• mendorong siswa menghubungkan yang dipelajari dengan kehidupan
sehari-hari, pengalaman sesungguhnya dan penerapannya / manfaatnya
• strategi: authentic, inkuiri, praktek kerja, pemecahan masalah
16. Aliran latihan mental
Otak diibaratkan seperti otot, jika ingin kuat harus sering dilatih, makin keras dan sulit latihannya akan lebih baik hasilnya.
17. Teori Tollman
Sesungguhnya, pada tahun 1930 pakar psikologi AS Edward C. Tolman
sudah meneliti proses kognitif dalam belajar dengan penelitian
eksperimen bagaimana tikus belajar mencari jalan melintasi maze (teka-teki
berupa jalan yang ruwet). Ia menemukan bukti bahwa tikus-tikus
percobaannya membentuk “peta kognitif” (atau peta mental) bahkan pada
awal eksperimen, namun tidak menampakakan hasil belajarnya sampai mereka
menerima penguatan untuk menyelesaikan jalannya melintasi maze—suatu
fenomena yang disebutnya latent learning atau belajar latent. Eksperimen Tolman
menunjukkan bahwa belajar adalah lebih dari sekedar memperkuat respons melalui penguatan.
18. Teori Clark Hull
Clark Hull mengemukaan konsep pokok teorinya yang sangat dipengaruhi
oleh teori evolusi. Menurutnya tingkah laku seseorang berfungsi untuk
menjaga kelangsungan hidup.
19. Teori Bloom dan Krathwohl
Teori Bloom dan Krathwohl mengemukakan tiga hal yang bisa dikuasai
oleh siswa, meliputi: ranah kognitif, ranah psikomotor dan ranah
Afektif. Tiga ranah itu tercakup dalam teori yang lebih dikenal sebagai
Taksonomi Bloom.
20. Teori Kolb
Kolb membagi tahapan belajar ke dalam empat tahapan, yaitu:
a. pengalaman konkret
b. pengamatan aktif dan reflektif
c. konseptualisasi
d. eksperimentasi aktif
21. Teori Habermas
Habermas berpendapat bahwa belajar sangat dipengaruhi oleh interaksi,
baik dengan lingkungan maupun dengan sesama manusia. Lebih lanjut ia
mengelompokkan tipe belajar menjadi tiga bagian, yaitu:
a. belajar teknis
b. belajar praktis
c. belajar emansipatoris
22. Teori Landa
Menurut Landa ada dua proses berpikir. Pertama disebut proses
berpikir algoritmik, yaitu proses berpikir linier, konvergen, lurus
menuju ke satu sasaran. Jenis kedua adalah cara berpikir heuristik,
yakni cara berpikir divergen menuju ke beberapa sasaran sekaligus.
23. Teori Pask dan Scott
Pask dan Scott juga membagi proses berpikir manjadi dua macam.
Pertama pendekatan serialis yang menyerupai pendekatan algoritmik yang
dikemukakan Landa. Jenis kedua adalah cara berpikir menyeluruh yaitu
berpikir yang cenderung melompat ke depan, langsung ke gambaran lengkap
sebuah sistem informasi.
boleh tahu judul bukunya????
BalasHapusbutuh banget untuk profosal...
jika ada. mhon infonya
fb : creatif gnr