.

Breaking News

Senin, 29 April 2013

Proses Pembelajaran Inovatif

Proses Pembelajaran Inovatif



Pembelajaran inovatif, aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan adalah salah satu metode pembelajaran berbasis lingkungan. Metode ini mampu melibatkan siswa secara langsung dengan berbagai pengenalan terhadap lingkungan. Pada proses ini guru dan siswa saling memberikan pengetahuan tentang bagaimana hasil belajarnya bagi siswa dan proses pembelajaran ini mengtamakan kreativitas siswa. Secara garis besar, dapat digambarkan sebagai berikut:


Read more ...

Minggu, 28 April 2013

Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Jenis-Jenis Media Pembelajaran



1. Media Visual
Media visual berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan kedalam bentuk-bentuk visual. Selain itu fungsi media visual juga berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan fakta yang mungkin dapat mudah untuk dicerna dan diingat jika disajikan dalam bentuk visual. Jenis-jenis media visual antara lain:
  • Gambar atau foto
  • Sketsa
  • Diagram
  • Bagan
  • Grafik
  • Kartun
  • Poster
  • Peta atau Globe
  • Papan Planel
  • Papan Buletin
2. Media Audio
Media audio adalah jenis media yang berhubungan dengan indera pendengaran. Pesan yang akan disampaikan dituangkan pada lambang-lambang auditif. Jenis-jenis media audio antara lain:
  • Radio
  • Alat Perekam atau Tape Recorder
3. Media Proyeksi Diam
Jenis-jenis media proyeksi diam antara lain adalah:
  • Film Bingkai
  • Film Rangkai
  • OHT
  • Opaque Projektor
  • Mikrofis
4. Media Proyeksi Gerak dan Audio Visual
Jenis-jenis media proyeksi gerak dan audio visual antara lain:
  • Film Gerak
  • Film Gelang
  • Program TV
  • Video
5. Multimedia
Vaughan (2004) menjelaskan bahwa "Multimedia adalah sembarang kombinasi yang terdiri atas teks, seni grafik, bunyi, animasi, dan video yang diterima oleh pengguna melalui komputer. Sedangkan Heinich dkk. (2005) mengatakan bahwa  "Multimedia merupakan penggabungan atau pengintegrasian dua atau lebih format media yang terpadu seperti teks, grafik, animasi dan video untuk membentuk aturan informasi ke dalam sistem komputer. 
6. Benda
Benda-benda yang ada di alam sekitar dapat juaga digunakan sebagai media pembelajaran, baik itu benda asli ataupun benda tiruan. 


Sumber: http://dedi26.blogspot.com

Read more ...

Lingkungan Pembelajaran yang Efektif

Lingkungan Pembelajaran yang Efektif


Penyediaan lingkungan pembelajaran yang efektif meliputi strategi yang digunakan oleh seorang guru untuk menciptakan sebuah pengalaman ruang kelas yang positif dan produktif. Sering disebut manajemen ruang kelas (classroom management), strategi untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang efektif tidak hanya meliputi mencegah dan menanggapi perilaku yang buruk tetapi yang lebih penting adalah menggunakan waktu kelas dengan sebaik-baiknya, menciptakan suatu atmosfer yang kondusif bagi minat dan penelitian, dan membolehkan kegiatan yang melibatkan pikiran dan imajinasi peserta didik. Kelas yang tidak mempunyai masalah perilaku sama sekali tidak dapat dianggap sebagai kelas yang dikelola dengan baik.

Read more ...

Kamis, 25 April 2013

Program Pengembangan Diri

Program Pengembangan Diri


Dalam Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 disebutkan bahwa kurikulum SMP/ MTs memuat 10 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.
Pengembangan diri bukanlah merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan dibimbing oleh konselor (Guru BK/BP), guru mata pelajaran, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler atau melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkaitan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karir peserta didik.

Read more ...

Rabu, 24 April 2013

Upaya Membantu Siswa Mengatasi Masalah Belajar

Upaya Membantu Siswa Mengatasi Masalah Belajar


Nah,, Setelah kemarin telah berbagi tentang penyebab masalah belajar, sekarang saya akan ulas tentang upaya membantu siswa mengatasi masalah belajar. Sebenarnya bagaimana sih cara mengatasinya .. mari kita simak baik-baik.
Para  ahli  telah  mengajukan  langkah-langkah  yang ditempuh  untuk melaksanakan pemecahan  masalah  belajar. Ross  dan  Stanley  (dalam depdikbud,1985:38)  menyatakan bahwa  tahapan  dalam pemecahan masalah  belajar sebagai berikut:

Read more ...

Minggu, 21 April 2013

Faktor-faktor Penyebab Masalah Belajar di Sekolah Dasar

Faktor-faktor Penyebab Masalah Belajar di Sekolah Dasar


Dalam proses pembelajaran tentu saja mengharapkan suatu hasil belajar yang baik yang tercapainya suatutujuan pembelajaran.
Akan tetapi dalam suatu pembelajaran pasti akan adanya suatu masalah yang timbul. Eye rolling smile. Secara garis besar, faktor yang menjadi penyebab terjadinya masalah belajar menurut Kartadinata (1999; 72) ada dua faktor yaitu faktor internal (dari dalam diri siswa) dan faktor eksternal (faktor dari luar diri individu). Kedua faktor tersebut yaitu:

Read more ...

Jumat, 19 April 2013

Cara Mengidentifikasi Siswa yang Mengalami Masalah Belajar

Cara Mengidentifikasi Siswa yang Mengalami Masalah Belajar


Untuk mengidentifikasi siawa yang diperkirakan mengalami masalah belajar dapat dilakukan dengan cara; analisis hasil tes belajar, tes kemampuan dasar, skala pengungkapan sikap dan kebiasaan belajar, dan observasi saat proses belajar mengajar berlangsung. Di bawah ini diuraikan cara mengidentifikasi tersebut di atas.

Read more ...
Hubungi Kami via SMS/WA: 087864437541 | IG: yoyoapriyanto | by YOYO APRIYANTO