Pengertian Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Menurut Para Ahli
Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran kelompok dengan
jumlah peserta didik 2-5 orang dengan gagasan untuk saling memotivasi
antara anggotanya untuk saling membantu agar tercapainya suatu tujuan
pembelajaran yang maksimal. Berikut ini merupakan beberapa pengertian
pembelajaran kooperatif (cooperative learning) menurut para ahli.
-
Depdiknas (2003:5) “Pembelajaran Kooperatif (cooperative learning)
merupakan strategi pembelajaran melalui kelompok kecil siswa yang
saling bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai
tujuan belajar”.
-
Bern dan Erickson (2001:5) “Cooperative learning (pembelajaran
kooperatif) merupakan strategi pembelajaran yang mengorganisir
pembelajaran dengan menggunakan kelompok belajar kecil di mana siswa
bekerja sama untuk mencapai tujuan belajar”.
-
Johnson, et al. (1994);
Hamid Hasan (1996) “Belajar kooperatif adalah pemanfaatan kelompok
kecil (2-5 orang) dalam pembelajaran yang memungkinkan siswa bekerja
bersama untuk memaksimalkan belajar mereka dan belajar anggota lainnya
dalam kelompok”.
-
Suprijono,
Agus (2010:54) “Model pembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih
luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk yang
dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru”.
-
Slavin (Isjoni, 2011:15) “In
cooperative learning methods, students work together in four member
teams to master material initially presented by the teacher”. Ini berarti bahwa cooperative learning atau
pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran dimana sistem
belajar dan bekerja kelompok-kelompok kecil berjumlah 4-6 orang secara
kolaboratif sehingga dapat merangsang peserta didik lebih bergairah
dalam belajar. Dari beberapa pengertian menurut para ahli dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif adalah cara belajar dalam
bentuk kelompok-kelompok kecil yang saling bekerjasama dan diarahkan
oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan”.
-
Eggen
and Kauchak (1996:279) “Pembelajaran kooperatif merupakan sebuah
kelompok strategi pengajaran yang melibatkan siswa bekerja secara
berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama”.
-
Sunal dan Hans (2000) “Cooperative learning merupakan
suatu cara pendekatan atau serangkaian strategi yang khusus dirancang
untuk memberi dorongan kepada peserta didik agar bekerja sama selama
proses pembelajaran”.
-
Stahl (1994) “Cooperative learning dapat meningkatkan belajar siswa lebih baik dan meningkatkan sikap tolong menolong dalam perilaku sosial”.
-
Kauchak dan Eggen dalam Azizah (1998) “Cooperative learning merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja secara kolaboratif dalam mencapai tujuan”.
-
Djajadisastra
(1982) “Metode belajar kelompok merupakan suatu metode mengajar dimana
murid-murid disusun dalam kelompok-kelompok waktu menerima pelajaran
atau mengerjakan soal-soal dan tugas-tugas”.
Sumber:
Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: ALFABETA
Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama
Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Sumber: http://dedi26.blogspot.com
Read more ...