.

Breaking News

Rabu, 07 Desember 2016

Ini Manfaat Blog Dalam Dunia Pendidikan

Ini Manfaat Blog Dalam Dunia Pendidikan





Dalam dunia pendidikan, banyak sekali media yang bisa digunakan untuk menyalurakan ilmu seperti hal nya di sekolah  kita diajarkan materi langsung oleh guru. Dalam dunia blog juga terkadung unsur pendidikan dimana penulis membuat artikel sementara pengunjung adalah sebagai pembacanya atau bisa digambarkan penulis adalah sebagai guru dan pembaca adalah sebagai murid.


Adapun manfaat blog dalam dunia pendidikan adalah:

• Blog sebagai Sumber Informasi

Dalam dunia pendidikan dibutuhkan berbagai macam pengetahuan. Untuk itu guru dan siswa haruslah memiliki berbagai macam buku untuk mengembangkan pengetahuannya. Nah selain buku, ada satu wadah praktis yang bisa dimanfaatkan yaitu blog. Kita bisa mencari berbagai macam pengetahuan dari blog-blog yang ada didunia maya. Memang tingkat keakuratannya tidak begitu tinggi, namun sangat bermanfaat sebagai pelengkap dari pengetahuan yang kita miliki. Karena sebagai mana kita ketahui, internet merupakan jaringan yang sangat cepat, sehingga informasi terbaru juga akan lebih cepat didapatkan. Tentu saja ini membantu penambahan sumber informasi bagi dunia pendidikan, baik itu untuk guru maupun siswa.


• Blog sebagai Media Pembelajaran

Pernahkah sobat melakukan belajar online bersama guru didunia maya? Ya, semakin pesatnya teknologi memang memungkinkan semua itu akan terjadi. Belajar bisa dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan blog. Biasanya guru yang akan menyediakan bahan diblognya, kemudian para siswa akan dituntut untuk membuka blog tersebut untuk mengikuti proses pembelajaran. Suatu kegiatan yang mungkin terjadi saat ini.


• Blog sebagai Penunjang Bakat dan Minat

Fenomenanya pada saat sekarang ini, tidak semua siswa yang suka ngeblog. Beberapa diantara siswa lebih memilih bakat didunia nyata dibandingkan dunia maya. Contohnya siswa yang suka basket, dia tidak akan suka ngeblog. Biasanya siswa yang suka ngeblog itu adalah siswa yang hobby fotografi, sastra, seni atau lainnya. Dengan demikian siswa yang hobi fotografi akan dengan mudah memampangkan hasil karya mereka diblognya. Siswa yang hobi sastra akan lebih senang menulis diblognya. Siswa yang hobi seni akan lebih sering memampangkan drama teater diblognya. Otomatis blog sangat berfungsi bagi dunia pendidikan salah satunya menunjang bakat dan minat siswa. Yah, kalau memang ada siswa yang tida suka ngeblog, sebaiknya jangan dipaksakan.

• Blog sebagai Sarana Promosi Institusi


Dengan blog, sebuah institut pendidikan bisa mempromosikan diri. Ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Sebagai calon siswa kita akan dengan mudah mengetahui informasi tentang sebuah institut pendidikan dari blog khusus yang mereka miliki.









Blog Ilmu Matematika
http://ilmu-matematika.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMS/WA: 087864437541 dan Phone: 085337633121 | Email: yoyoapriyanto@gmail.com | Klik Tentang: YOYO APRIYANTO