.

Breaking News

Selasa, 06 Desember 2016

Blog Untuk Proses Pembelajaran vs Aktivitas Guru

Blog Untuk Proses Pembelajaran vs Aktivitas Guru






Guru, tahukan sekarang ini  ada beberapa guru sedang memperjuangkan 1.000.000 blog guru. Sangat menarik, karena masyarakat yang ada di lingkungan pendidikan mulai serius merespon konsep pendidikan Abad 21. Di mana internet menjadi tool yang tidak bisa dilepaskan.



Sekarang ini Indonesia sudah memiliki banyak blog guru, terlepas dari blog berbayar ataupun gratisan (blogspot dan wordpress). Tapi, yang sangat disayangkan cukup banyak blog guru di Indonesia, tidak secara konsisten mengunggah konten pendidikan dalam blog tersebut. Bahkan sebagain dari mereka, membuat blog kemudian mereka tinggalkan.

Kemungkinan besar karena mereka (pemilik blog) menafsirkan blog hanya sebagai media informasi  dan publikasi aktivitas. Jika secara konsisten model seperti ini sama sekali tidak bermasalah. Bahkan banyak blog sekarang terbilang sangat sukses dengan pengunjung banyak. Dan menginspirasi guru-guru lain untuk membuat blog sejenis.

Sebenarnya, ada hal lain yang bisa dilakukan dengan blog. Yaitu mengintegrasikannya dengan proses pembelajaran. Ya, jenis blog ini sepertinya tidak akan dikunjungi oleh banyak orang karena hanya fokus pada beberapa kelas dalam satu sekolah. Ya, blog ini tidak akan membuat orang lain menarik, karena pendekatan yang dibuat dalam blog sangat personal antara guru dan murid. Tapi, gol dari blog ini cukup jelas, sebagai media antara guru, murid, orang tua, dan sekolah. Semua bisa melihat aktivitas di dalam blog tersebut.


Nilai tambah dari blog jenis ini adalah bisa terintegrasi dengan media sosial, chanel video, dan berbagai media informasi lainnya, yang secara sengaja dikumpulkan dalam blog untuk bisa diakses oleh murid-murid sesuai dengan materi yang akan diberikan dalam kelas.





Blog Ilmu Matematika
http://ilmu-matematika.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMS/WA: 087864437541 dan Phone: 085337633121 | Email: yoyoapriyanto@gmail.com | Klik Tentang: YOYO APRIYANTO