.

Breaking News

Selasa, 31 Mei 2016

Game Pecahan Berbasis MS Office Excel

Game Pecahan Berbasis MS Office Excel



Game adalah kata yang selalu memberi sugesti positif di benak murid. Game dalam proses pembelajaran selalu di nanti oleh murid-murid di kelas saya.  Mereka akan berteriak “HORE” atau “YES…YES…” ketika mendengar kata “Game”, bahkan istirahat pun mereka berani korbankan ketika proses pembelajaran menggunakan pendekatan dengan game.


Sebagai guru, tugas yang paling berat adalah membelajarkan siswa bagaimana mereka harus belajar (Learn how to Learn). Seringkali seorang guru kurang menyadari hal ini. Guru hanya terperangkap oleh muatan kurikulum, namun lupa bagaimana membimbing siswa agar sadar dan tahu “bagaimana harus belajar”. Media belajar di internet sangatlah berlimpah, namun media itu seringkali kurang disadari siswa sebagai media yang mampu membelajarkan diri mereka. Bahkan, guru seringkali hanya menggunakan metode yang konvensional (ceramah) hanya untuk mengerjar target kurikulum sehingga kelas menjadi “kering” dan membosankan, padahal membuat pembelajaran yang menarik dan menyenangkan merupakan salah satu cara membimbing siswa agar sadar belajar. “Belajar adalah menyenangkan, bukan menjenuhkan dan membosankan” itu harus tertanam dibenak siswa. Gurulah menjadi ujung tombak untuk menciptakan budaya belajar murid-murid.


Guru era baru harus mampu mengakomodir kebutuhan pembelajaran anak era digital, salah satunya adalah dengan pendekatan Game berbasis IT. Membuat Game pembelajaran memang tidaklah mudah, namun seorang guru harus berupaya paling tidak memanfaatkan game yang bisa didownload gratis dari internet. Saya mencoba membuat game sederhana untuk materi pecahan berbasis Microsoft Office Excell untuk kepentingan pembelajaran pengayaan. Game ini sudah saya terapkan sejak tahun 2009 silam. Hemat saya, game ini masih seru untuk dimainkan baik secara individu, kompetesi, maupun kelompok.




Blog Ilmu Matematika
http://ilmu-matematika.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMS/WA: 087864437541 dan Phone: 085337633121 | Email: yoyoapriyanto@gmail.com | Klik Tentang: YOYO APRIYANTO