Kumpulan Rumus Cepat Matematika SMP Kelas 9

Kumpulan Rumus Cepat Matematika SMP Kelas 9
Berdasarkan Kurikulum 2013



Rumus Cepat Lengkap --(Download)--


Rumus Cepat Perbab....

  • Kesebangunan dan Kekongruenan --(Download)--

  • Tabung, Kerucut dan Bola --(Download)--





Salam Sukses,

Yoyo Apriyanto, S.Pd















Kumpulan Rumus Cepat Matematika SMP Kelas 8

Kumpulan Rumus Cepat Matematika SMP Kelas 8
Berdasarkan Kurikulum 2013



Rumus Cepat Lengkap --(Download)--


Rumus Cepat Perbab....

Kumpulan Rumus Cepat Matematika SMP Kelas 7

Kumpulan Rumus Cepat Matematika SMP Kelas 7
Berdasarkan Kurikulum 2013





Rumus Cepat Lengkap --(Download)--


Rumus Cepat Perbab....

10 Fungsi Media Pembelajaran

10 Fungsi Media Pembelajaran




Beberapa fungsi media pembelajaran adalah : (1) Pemusat perhatian siswa; (2) Menggugah emosi siswa; (3) Membantu siswa memahami materi pembelajaran; (4) Membantu siswa mengorganisasikan informasi; (5) Membangkitkan motivasi belajar siswa; (6) Membuat pembelajaran menjadi lebih konkret; (7) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra; (8) Mengaktifkan pembelajaran; (9) Mengurangi kemungkinan pembelajaran yang melulu berpusat pada guru; dan (10) Mengaktifkan respon siswa.


Genius Maker: Software Jenius Matematika, Fisika dan Kimia

Genius Maker: Software Jenius Matematika, Fisika dan Kimia



Keunggulan Software

Genius Maker adalah aplikasi yang sangat berguna dan mudah digunakan untuk membantu Anda menguasai Matematika, Fisika dan masalah-masalah Kimia.

Menentukan Panjang Jari-Jari Lingkaran Dalam Segitiga

Menentukan Panjang Jari-Jari Lingkaran Dalam Segitiga


Diberikan sebuah segitiga dengan sisi a, b, dan c

Melukis Lingkaran Dalam Segitiga

Melukis Lingkaran Dalam Segitiga


Lingkaran dalam segitiga adalah lingkaran yang menyinggung semua sisi dari suatu segitiga. Sehingga sisi-sisi segitiga tersebut tegak lurus dengan jari-jari lingkaran. Perhatikan gambar berikut!

Rumus Praktis SMP: Bilangan Bulat

Rumus Praktis SMP: Bilangan Bulat




Seringkali, ketika saya sedang membahas suatu soal matematika di depan kelas – setelah beberapa saat ada siswa yang menyeletuk, “ Pak, ada cara yang singkat ndak?”.

10 Tahun Lagi, Ahli Matematika Makin Dibutuhkan

10 Tahun Lagi, Ahli Matematika Makin Dibutuhkan






PALOPOnews, Jakarta -- Ilmu eksakta makin tahun makin memegang peranan penting. Bahkan kini muncul model pendidikan STEM, yaitu sains, teknologi, teknik, dan matematika, yang semuanya merupakan cabang dari ilmu eksakta. Model pendidikan ini dipercaya menjadi kunci sukses bagi anak-anak saat ini.

Empat Kompetensi Yang Harus Dimiliki Seorang Guru Profesional

4 Kompetensi Yang Harus Dimiliki Seorang Guru Profesional



Hanya sekedar mengingatkan buat rekan-rekan guru setanah air, karena pasti sebagian besar guru sudah mengetahui tentang empat standar kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru. Terlebih saat sekatang ini sudah hampir setengah dari jumlah guru di Indonesia sudah mempunyai sertifikat sertifikasi. Ini artinya mereka sudah lulus sebagai seorang guru profesional yang tentunya keempat kompetensi guru tersebut harus selalu di laksanakan di dalam kesehariannya dalam melaksanakan tugas.

Latihan Soal Olimpiade SMP (Part 2)

Latihan Soal Olimpiade SMP (Part 2)




Pada Postingan yang lalu sudah di posting Latihan Soal Olimpiade SMP (Part 1), kali ini ILMU MATEMATIKA akan membagi-bagikan gratis Latihan Soal Olimpiade SMP (Part 2).
Oke, berikut ini soalnya, selamat mengerjakan.... Jika kesulitan menjawab, silahkan E-mail ke: yoyoapriyanto@gmail.com, ILMU MATEMATIKA akan bantu mengerjakannya.




  1. x,y dan z adalah tiga bilangan real positif yang memenuhi persamaan xy=zx+1y=z+12. Buktikan salah satu dari x,y atau z merupakan rata - rata dari dua bilangan yang lain.
  2. Misalkan a,b,c dan d adalah bilangan bulat non negatif. Tentukan semua quadtuple (a,b,c,d) yang memmenuhi 1a+1b+1c+1d=1.
  3. P adalah titik di dalam ABC. Perpanjangan AP,BP dan CP berturut - turut memotong sisi BC,CA dan AB di titik D,E,F. Jika diketahui panjang AP=6,BP=9,PD=6,PE=3 dan CF=20 maka tentukanlah luas ABC.
  4. Dekomposisi dari bilangan bulat positif n adalah suatu cara untuk menuliskan n sebagai jumlahan dari paling sedikit dua bilangan bulat positif( tidak harus berbeda ). Sebagai contoh dekomposisi dari 4 ada 7 cara yaitu 1+3,3+1,2+2,1+1+2,1+2+1,2+1+1,1+1+1+1. Tentukan banyaknya dekomposisi yang mungkin untuk sebarang bilangan bulat positif n.
  5. Diberikan a4+b4=7c dengan a,b merupakan akar - akar dari persamaan kuadrat x25x+3=0. Tentukanlah nilai c.
  6. Ruas garis BE,CE,DF dan CF membagi daerah persegi panjang ABCD menjadi beberapa daerah yang lebih kecil. Empat daerah diantaranya, yaitu dua segitiga dan dua segiempat tersebut diarsir seperti pada gambar di bawah ini. Jika luas keempat daerah yang diarsir adalah 9,35,x dan 6 ( seperti terlihat pada gambar ). Tentukanlah nilai x.
    osn matematika smp 2013



Selamat mengerjakan....

Daftar Istilah Matematika Dalam Bahasa Inggris

Daftar Istilah Matematika Dalam Bahasa Inggris


KAMUS ISTILAH MATEMATIKA DALAM BAHASA INGGRIS

Untuk memudahkan kita dalam mengerjakan soal-soal matematika yang memakai bahasa asing jadi kita dituntut untuk menguasai bahasa asing itu juga. Jadi ini adalah istilah-istilah asing yang sering digunakan dalam mata pelajaran matematika, semoga bermanfaat bagi anda.

Soal dan Pembahasan Soal Olimpiade SMP Tingkat Kabupaten Tahun 2013 (Part 3)

Soal dan Pembahasan Soal Olimpiade SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2013 (Part 3)




PP No 32 Tahun 2013 Merupakan Perubahan dari PP No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

PP No 32 Tahun 2013 Merupakan Perubahan dari PP No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan



Adanya perubahan tentang Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun tentang Standar Nasional Pendidikan mungkin belum banyak yang mengetahui tentang hal ini. Adapun pengganti PP 19 Tahun 2005 tersebut adalah PP Nomor 32 Tahun 2013 yang diterbitkan pada tanggal 7 Mei 2013. Adapun mengenai penjelasan dari PP Nomor 32 Tahun 2013 adalah sebagai berikut :

Soal dan Pembahasan Soal Olimpiade SMP Tingkat Kabupaten Tahun 2013 (Part 2)

Soal dan Pembahasan Soal Olimpiade SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2013 (Part 2)



Jangan lupa baca juga : Pembahasan Soal OSK Matematika SMP Tahun 2013 Bagian Pertama


Bilangan Basis Sepuluh: Definisi dan Aplikasinya Dalam Soal Olimpiade Matematika

Bilangan Basis Sepuluh: Definisi dan Aplikasinya Dalam Soal Olimpiade Matematika



Dalam kehidupan sehari - hari, jika melihat bilangan 6825 maka kebanyakan orang akan secara otomatis membaca "enam ribu delapan ratus dua puluh lima". Hal ini berarti ada enam bilangan seribu, delapan bilangan seratus, dua bilangan sepuluh dan ditambah lima. Dalam notasi matematika ditulis,


Soal dan Pembahasan Soal Olimpiade SMP Tingkat Kabupaten Tahun 2013 (Part 1)

Soal dan Pembahasan Soal Olimpiade SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2013 (Part 1)



Olimpiade matematika SMP tingkat kabupaten tahun 2013 telah dilaksanakan sabtu kemarin, tanggal 9 Maret 2013. Para peserta yang ikut OSK tahun ini tinggal berharap dan berdoa saja supaya lolos ke tingkat provinsi atau OSP. OSP sendiri sesuai jadwal akan dilaksanakan tanggal 13 April. Nah, sambil menunggu pengumuman hasil OSK Matematika tahun ini, mari kita lihat kembali soal OSK kemarin. Hitung - hitung koreksi dan belajar buat persiapan OSP.


Latihan Soal Olimpiade SMP (Part 1)

Latihan Soal Olimpiade SMP (Part 1)



  1. Carilah semua bilangan lima digit abcde yang habis dibagi 275 dan kebalikannya yaitu edcba juga habis dibagi 275.
  2. Diketahui persegi ABCD dan titik E terletak pada sisi AB. Diagonal AC memotong ruas garis DE di titik P. Dari titik P dibuat sebuah garis yang tegak lurus DE sehingga memotong BC di F. Buktikan bahwa EF=AE+FC.
  3. Diketahui himpunan M={1,2,4,5,7,8,} yaitu himpunan bilangan asli yang bukan kelipatan 3. Jumlah 2n anggota berurutan dari himpunan M adalah 300. Tentukanlah semua nilai n yang mungkin.
  4. Sebuah persegi panjang dapat dipotong - potong menjadi 200 atau menjadi 288 persegi identik. Buktikan bahwa persegi panjang tersebut juga dapat dipotong - potong menjadi 392 persegi identik.
  5. Diketahui digit terakhir dari a2+ab+b2 dengan a,b bilangan bulat taknegatif adalah 0. Tentukan dua digit terakhir dari bilangan tersebut.
  6. Diketahui ABC dan misalkan D adalah titik tengah sisi BC. Pada sisi AB dan AC berturut - turut terdapat titik M dan N, keduanya bukan titik tengah. Jika AM2+AN2=BM2+CN2 dan MDN=BAC, carilah besar BAC.

Silakan dicoba dikerjakan. Semoga bermanfaat.


 

Pendidikan

Buku Kurikulum 2013

Olimpiade

Follow Me On Twitter Facebook Fanspage Circle Me On Google Plus