Contoh Angket dan Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013

Contoh Angket dan Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013



Secara  konseptual,  peminatan siswa dapat dipahami sebagai sebuah proses yang didalamnya melibatkan serangkaian pengambilan pilihan dan keputusan oleh siswa  yang didasarkan atas pemahaman potensi diri dan peluang yang ada di lingkungannya.


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 telah mengisyaratkan bahwa peminatan siswa bertujuan: (1) untuk memberikan kesempatan kepada siswa mengembangkan minatnya dalam sekelompok matapelajaran sesuai dengan minat keilmuannya di perguruan tinggi, dan (2) untuk mengembangkan minatnya terhadap suatu disiplin ilmu atau keterampilan tertentu.

Agar siswa dapat mengambil keputusan dan menentukan peminatan yang tepat dan sesuai, maka guru BK di sekolah seyogyanya dapat membantu siswa agar dapat memahami diri dan lingkungannya, melalui ketersediaan berbagai data yang obyektif, valid dan memadai. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan data gambaran siswa beserta lingkungannya yaitu dengan cara memberikan angket (kuesioner) dan menyajikannya secara sistematis dalam sebuah dokumen resmi.

Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi sebuah model angket dan dokumentasi peminatan siswa karya Bapak Budhy Ramdhani, Guru BK SMAN 12 Kota Tangerang  yang juga  sebagai Sekretaris MGBK Nasional.

Angket dan dokumentasi data peminatan ini memuat berbagai data yang dibutuhkan untuk kepentingan peminatan siswa, yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam mengembangkan program peminatan siswa di sekolah Anda.

Jika Anda ingin mengunduh contoh angket dan  dokumentasi data tersebut, silahkan klik tautan di bawah ini dan mari kita diskusikan disini untuk melengkapi dan menyempurnakannya





Semoga bermanfaat...


/[ 0 komentar Untuk Artikel Contoh Angket dan Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013]\

Poskan Komentar

 
Follow Me On Twitter Facebook Fanspage Circle Me On Google Plus