Teknik Menghitung Cepat Melebihi "Kalkulator"

Teknik Menghitung Cepat Melebihi "Kalkulator"


Proses berhitung secepat kalkulator, sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada 5 (lima) kemampuan dasar yang harus disiapkan untuk mencapai kemampuan aritmatika hebat ala MATH MASTER.
 
A.      Hafal penjumlahan Angka 1 - 9
  Kemampuan menjumlah angka 1 - 9 menjadi kunci utama operasi bilangan dalam jumlah banyak dengan cepat. Anak perlu disiapkan agar mampu menghafal penjumlahan dengan mudah. Beberapa tahap berikut harus dilakukan lebih dulu.
1.      Hafal angka 1 - 4  

Angka 1 - 4 harus dihafalkan tersendiri, karena hasil penjumlahan hanya 1 digit. Penjumlahan yang harus dihafal adalah sebagai berikut :
1 + 1 = 2 2 + 2 = 4 3 + 3 = 6
2 + 1 = 3 3 + 2 = 5 3+ 4 = 7
3 + 1 = 4 4 + 2 = 6 4 + 4 = 8
4 + 1 = 5


 2.      Hafal Penjumlahan 1-4 dengan angka 5  
Angka 5 menjadi jumlah manic-manik dasar yang dijumlahkan dengan angka 1-4. Penjumlahan yang harus dihafal adalah sebagai berikut : 



5 + 1 = 6



1 + 4 = 5



5 + 2 = 7



2 + 3 = 5



5 + 3 = 8



3 + 2 = 5



5 + 4 = 9



4 + 1 = 5
 


3.      Hafal penjumlahan yang hasilnya 10  

Penjumlahan angka yang hasilnya 10, menjadi kunci pokok untuk melakukan penjumlahan dan pengurangan dalam jumlah banyak. Angka-angka yang dijumlahkan akan menjadi pasangan angka yang sangat istimewa. Pasangan ini akan menjadi kunci pokok penjumlahan dan pengurangan ala MATH MASTER. Penjumlahan yang harus dihafal adalah sebagai berikut : 



1 + 9 = 10



1 dengan 9



Pasangan angka kunci



2 + 8 = 10



2 dengan 8



3 + 7 = 10



3 dengan 7



4 + 6 = 10



4 dengan 6



5 + 5 = 10



5 dengan 5


4.      Hafal penjumlahan bilangan 5-9 

Menghafal angka di atas 5 cukup sulit. Siswa tak lagi bisa menggunakan jari-jari tangan sebagai alat bantu. Semua alat hitung memiliki kendala yang sama, kecuali batu kerikil. Sayang, penggunaan batu kerikil dalam jumlah banyak tidak efisien. Di sinilah pasangan angka kunci menjadi satu-satunya alat bantu. Hanya abacus 99 yang bisa mengatasi kesulitan ini. Adapun penjumlahan yang harus dihafal adalah sebagai berikut : 



5 + 5 = 10



6 + 6 = 12



7 + 7 = 14



8 + 8 = 16



5 + 6 = 11



6 + 7 = 13



7 + 8 = 15



8 + 9 = 17



5 + 7 = 12



6 + 8 = 14



7 + 9 = 16



9 + 9 = 18



5 + 8 = 13



6 + 9 = 15











5 + 9 = 14












  
5.      Hafal penjumlahan sekaligus pengurangan 

Hafalan penjumlahan sesuai tahap di atas, selayaknya disertai dengan hafalan pengurangan. Ini lebih mudah. Sehingga, dua-duanya bisa hafal sekaligus. Proses penjumlahan dan pengurangan cepat angka di atas 5, selain menggunakan abacus 99, bisa juga dengan pasangan kunci angka dari abacus 99, Perhatikan pengurangan berikut :






                Perhatikan proses penjumlahan berikut :





 Ini tampaknya agak sulit. Tetapi, karena simpanan angka 10 adalah sebuah kepastian yang harus ditambahkan. Penerapannya menjadi lebih mudah dengan pembiasaan yang berulang-ulang.
Proses di atas dilakukan ketika sulit menghafal, terutama pada pengurangan. Target wajib untuk bisa melakukan proses aritmatika cepat adalah penjumlahan dan pengurangan angka 1-9 harus hafal.
 
B.      Hafal perkalian angka 1-9  

Angka 1-9 menjadi dasar pembentukan nilai sebuah bilangan. Sebanyak apapun jumlah bilangan, tetap merupakan deretan angka-angka. Maka, hafal perkalian menjadi kunci memproses perkalian bilangan sebanyak apapun.


Contoh : ketika kita mengerjakan soal berikut : 








 













C.      Menyimpan angka dalam pikiran

Perkalian angka di atas 5 selalu menghasilkan simpanan angka dan harus dijumlahkan lagi dengan digit selanjutnya. Maka pekerjaan menyimpan dan menjumlahkan lagi, selalu terjadi ketika memproses penjumlahan dan perkalian di atas 5.

Melatih tidak menulis angka simpanan, menjadi sangat penting untuk memperkuat dan mempercepat operasi bilangan. Penjumlahan maupun perkalian memerlukan hal ini. Penggunaan abacus 99 akan mengkondisikan anak untuk melakukan penyimpanan dan penjumlahan kembali. 

Ketika tidak menggunakan abacus 99, cara melatih adalah dengan tidak menulis angka simpanan di atas angka jawaban. Angka simpanan ditulis dalam pikiran. Contohnya, penyelesaian soal berikut :  










 
Hindari menulis angka simpanan di atas jawaban. Biasakan simpanan ditulis dalam pikiran kita. Cara ini akan mempercepat penjumlahan kembali dengan jawaban digit berikutnya.
 
D.      Memproses penjumlahan langsung  

Secara umum, penjumlahan akan dilakukan pada masing-masing digit. Hal ini menyebabkan anak tidak biasa menjumlahkan langsung secara berturut-turut. Kemampuan menjumlah langsung berturut-turut pada penjumlahan 1 digit dan 2 digit, menjadi kunci operasi perkalian dalam jumlah banyak. Latihan ini akan kuat dan ketat pada siswa apabila terbiasa melakukan penjumlahan menggunakan abacus 99. Cara melakukannya adalah sebagai berikut :










 

















E.      Menjumlah dua hasil kali langsung  

Menjumlah bilangan dan mengalikan bilangan merupakan hal yang biasa dilakukan. Apakah menjumlahkan hasil kali langsung juga kita biasakan? Padahal kemampuan menjumlah dua hasil kali langsung merupakan latihan terpadu. Inilah ini dari latihan mental aritmatika. 

Kemampuan menjumlah langsung dua hasil kali, menjadi ukuran kemampuan dalam aritmatika. Latihan menjumlah dua hasil kali langsung berarti sekaligus melatih penjumlahan, melatih perkalian, dan melatih menyimpan angka serta menjumlahkan kembali.


Contoh : 





















(sumber: Buku Math Master Jilid: 1)


/[ 0 komentar Untuk Artikel Teknik Menghitung Cepat Melebihi "Kalkulator"]\

Poskan Komentar

 

Followers

Follow Me On Twitter Facebook Fanspage Circle Me On Google Plus